Panduan Budidaya Ikan Cupang dan merawat burayak cupang

Berikut ini cara budidaya ikan cupang atau Betta splendens breeding yang dilengkapi dengan foto yang detil, tulisan ini diambil ari tulisan fleafieldy di kaskus dan diedit seperlunya. Semoga bermanfaat bagi para pehobi ikan cupang dan peternak cupang, cupang farm/ betta farm.

HARI 1

1. Siapkan wadah seperti dibawah ini
 2. Isi dengan air dgn ketinggian sekitar 8-12cm
 


3. Isi dengan tanaman air seperti eceng gondok, daun ketapang, atau tanaman lainnya (gunanya untuk menampung busa yg dikeluarkan pejantan agar tidak gampang hancur 
4. Pilih Induk Cupang Jantan dan Induk cupang betinanya
Syarat induk cupang untuk budidaya:
  1. Betina tidak boleh mempunyai badan yg jauh lebih besar daripada jantan
  2. Betina tidak boleh lebih galak daripada jantan
  3. Kalau bisa perkimpoian jantan dan betina yg setipe. serit >< serit , Halfmoon><Halfmoon, dst
  4. Siapkan daun ketapang atau cairan penyembuh luka (yg warna kuing) karena setelah proses perkembangbiakan terjadi , badan dari betina banyak yg rontok akibat perkelahian dgn jantan sebelum dibuahi
Ciri-ciri cupang pejantan yang siap berkembangbiak :

  1. Sudah cukup umur
  2. Mengumpulkan busa busa yang cukup banyak (bukan merupakan syarat mutlak, terkadang ada yg tidak mengluarkan busa sama sekali, tapi giliran disatukan dengan betina , dia baru mengeluarkan busa)
  3. Badan harus lebih besar dan harus lebih galak daripada betina
  1. Ada seperti telur berwarna putih yang mao keluar dari saluran pembuangannnya(
  2. Perut rada buncit (pls dibedakan yg buncit karena makanan atau buncit emang sudah waktunya berkembang biak) caranya gampang, lihat perut betina nya pagi hari sebelum diberi makan
  3. Dan tentu sudah memasuki umur yg pas untuk proses perkembangbiakan
5.Masukan jantan ke wadah perkembangbiakan
6.Nah disini betina jangan dimasukan (digabung) langsung, biarkan betina dan jantan saling mengenal dan melihat terlebih dahulu. Gunanya agar si jantan menyiapkan busa yang cukup untuk menampung telur2nya. 



7.Cara ke 7 ini perlu dilakukan karena tempat saya meletakan wadah ini sangat sering terkena getaran dan sering terkena angin, jadi dgn adanya penutup maka akan memperkecil persentase pecahnya busa yg nanti akan digunakan untuk tempat meletakan telur
Nah sampai tahap ini, kita tunggu 1-2 hari, biasanya sih saya hanya menunggu 1 hari sudah terlihat kumpulan busa yg cukup untuk menampung telur (tergantung pejantannya)


HARI 2


8.Perhatikan busa nya, apabila busa sudah banyak, brarti sudah siap kimpoi, ini ada contoh2 busa yg sudah terkumpul dan siap buat berkembangbiak








9.Angkat betina nya, dan gabungkan dengan pejantan(hati2 pada waktu mengangkat toples dari wadah, pelan2 supaya busa tidak terlalu banyak yg pecah






10.Biarkan sekitar 1jam - 12 jam pejantan dan betinanya saling mengenal, tergantung kecocokan dari pasangannya, biasanya saya menunggu selama kurang lebih 1-2 hari sebelum proses kimpoi terjadi. Nah kerusakan sirip dari betina biasa terjadi pada saat ini

HARI 3
11.proses kimpoi (perkembangbiakan) kurang lebih seperti di gambar. Pejantan melilit tubuh betina, dan masing2 saling melengkungkan tubuhnya. Ketika selesai betina akan mengeluarkan telur, dan pejantan langsung mengambil telur2 tersebut dengan cara meletakan di dalam mulutnya, dan dibawa naik lalu telur2 tersebut dimuntahkan ke busa busa diatas






12.Perhatikan telurnya, biasanya di bawah busa dan berwarna putih, kalau tidak yakin, gunakanlah flashlight(senter).

13.Si pejantan akan menjaga telurnya, dan akan mengangkut telur yg jatuh ke dasar aqua, perhatikan gambar dan pada saat ini biasanya betina akan pergi menjauh

14. Apabila pejantan sudah tidak kimpoi lagi dan sudah cenderung mengejar2 betina utk dihantam, bersiap pindahkan betina. Siapkan wadah utk mengembalikan betina, isi dengan daun ketapang atau cairan kuning penyembuh luka (biasanya melafix)

HARI 5
15.Telur mulai pecah dan akan menghasilkan burayak-burayak yg baru berumur 1 hari. JANGAN ANGKAT PEJANTANNYA PADA SAAT INI. Pada hari ini burayak belum dapat berenang secara bebas, malah terkadang sering sekali terjatuh ke dasar permukaan dan tidak bisa mengambil udara di atas, disini lah guna sang bapak, pejantan akan membantu burayak utk naik ke atas. Disini burayak hanya terlihat seperti titik hitam kecil yg gaya berenangnnya hanya naik dan turun. setelah lebih dari tiga hari menetas, biasanya bayi cupang akan mencari makan. ini bisa dilihat ketika kita menjatuhkan sesuatu yg halus ke wadah ikan, bayi2 ikan itu akan mematuknya, mereka mengetes apakah yg baru masuk itu bisa dimakan apa ngak. makanan yg paling baik untuk bayi cupang adalah bayi kutu air. namun ini bukan benda yg mudah dicari. sudah gitu sedikit repot lagi.Anda bisa memebari makanan pelet untuk burayak atau makanan alami burayak yakni "Microworm" untuk kultur bisa contack 0821 7855 9991

HARI 6
16.Burayak sudah dapat berenang bebas di hari ke enam ini, tetap jangan angkat pejantannya hingga burayak umur 2 minggu ke atas (dalam beberapa kasus, saya dan beberapa teman2 di kaskus bisa tahan pejantannya sampe umur burayak 2-3bulan, selama pejantannya tidak agresif makanin anak2nya). Maap ga terlalu jelas, karena cuman pake kamera hp, perhatikan saja yg titik2 hitam

Demikian tadi Panduan Budidaya Budidaya Cupang dan Merawat burayak dengan Foto, semoga bermanfaat.




Raffi Fish





{ 68 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Rifan Rizki mengatakan...

min pejantannya kasih makannya kapan?

Anonim mengatakan...

kenapa burayak ikan cupang hias saya selalu banyak yang mati, apa penyebabnya?

Anonim mengatakan...

Permisi gan saya mau nanya, kalow kasih makan anak cupang baru netes ituh, sesudah berapah hari sih ?
Sesudah 3 hari atau 2 minggu sih ?

Anonim mengatakan...

pas induk cupang jantan menjaga telurnya dikasih makan apa ?

Anonim mengatakan...

apakah jentik/ larva nyamuk dapat memakan burayak / anakan cupang? Soalnya burayak ikan cupang saya berkurang/ hampir habis setelah terlihat larva nyamuk di dalam aquariumnya. Mohon pencerahannya gan... Terimakasih

latif ananda cl mengatakan...

makasih infonya boss tp suhu burayak bagusnya brapa drajat

m4niac mengatakan...

@~Mr.Rifan
Sebelum dicampur,jantan & betina dibuat kenyang dulu baru dikawinkan.
jantan bisa dikasih makan setelah dipisah dari burayak (3-5 hari setelah telur menetas)


@~
Burayak banyak yang mati ?
banyak faktor yang membuat burayak mati.bisa karna kadar air yang tidak cocok untuk burayak,tempat yang membuat jantan stres,sehingga burayak dimakan sama jantan,bisa juga karna faktor wadahnya,...

saran -
pilih tempat yang rindang,jauh dari getaran,kadar air yang rendah,karna pada dasarnya cupang habitatnya di rawa.

@-
BUrayak baru bisa dikasih makan setelah usai 4-5 hari.
karna pada usia itu,pokok telur untuk makan cadangan burayak sudah habis,pakan untuk burayak bermacam-macam,bisa alami atau buatan.
pakan alami bisa diberi air bekas cucian sayur kubis,atau kutu air yang disaring,pakan buatan bisa di beri microworm,atau pelet.

saran-
ada baiknya dikasih pakan alami(plankton,kutu air) karna sifat cupang memangsa hewan yang bergerak.

@~
Induk cupang saat menjaga telur tidak perlu diberi pakan,karna pada saat sng jantan menjaga telur,tidak boleh stres.
bisa menyebapkan banyaknya telur yang berkurang karna ikut termakan jantan.

saran-
Beri pakan yang cukup saat mengawinkan cupang,dan setelah itu biarkan jantan menjaga telur sampai menetas dan burayak berumur 4-5 hari.

@~
Jentik nyamuk untuk pakan cupang dewasa,itupun 1 atau 2 x dalam seminggu,karna kalau keseringan cupang mudah diserang penyakit.
untuk burayak disarankan jangan diberi pakan jentik,walaupun sudah disaring,tingkat kematian burayak akan tambah banyak.


@~Latif Ananda
Suhu Air yang baik untuk cupang relatif rendah,karna burayak bisa mati bila tidak ada tempat berlindung (enceng) ataupun tanaman air yang lain.

syaiful mengatakan...

Kenapa burayak setelah umur 8 bulan tidak mencapai ukuran maksimal

kpcbncbk mengatakan...

Infusoria bentuknya seperti apa ya?mhon bantuannya para sesepuh

ternak ikan cupang mengatakan...

jadi penasaran ingin bisa nih

freddy ferry mengatakan...

kenapa telur ikan cupang saya gagal netas?

freddy ferry mengatakan...

kenapa telur ikan cupang saya gagal netas gan?

freddy ferry mengatakan...

kenapa telur ikan cupang saya gagal netas?

Leo21 mengatakan...

cupang betina saya kecil pa tu dah pas y ukuran cupang betina
saya ingin kawinin tkut'a blm wktu'a
gmna nich...

Leo21 mengatakan...

cupang betina saya kecil pa tu dah pas y ukuran cupang betina
saya ingin kawinin tkut'a blm wktu'a
gmna nich...

Leo21 mengatakan...

cupang betina saya kecil pa tu dah pas y ukuran cupang betina
saya ingin kawinin tkut'a blm wktu'a
gmna nich...

Leo21 mengatakan...

cupang betina saya kecil pa tu dah pas y ukuran cupang betina
saya ingin kawinin tkut'a blm wktu'a
gmna nich...

Leo21 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
indra VE CIGULL YUPI mengatakan...

Gan tau dri mna burayak'a mati??

indra VE CIGULL YUPI mengatakan...

Dia puasa mkan gan

denny oend mengatakan...

Gan apa iya kalo betina lebih besar dri pejantan,ga mau kawin ?
Padal semua udah siap kawin,tpi semacam belom ada telur di gelembung2 itu ? #pls bls,ty gan (y)

Andy Phubby mengatakan...

Gan, klo di kawin siLang bisa ga..?
MisaL'y Jantan Serit><Betina Bagan..
Tolong di jwb y gan..
Thnk'z..
:)

Nurobat.com mengatakan...

Tanks atas informasinnya,, bermanffat.

dani hendriyanto mengatakan...

penyiapan calon kolam pembesaran burayak ikan( anak ikan umur 3hri)...caranya..isi kolam sampai 9 cm..beri pupuk kandang,sayur kol secukupnya,air gula atau tetes, biarkan selama 1 mggu...setelah itu burayak bisa dimasukkan kkiolam tanpa diberi makan sampai ukuran burayak sebesar lidi..setelah sebesar lidi dikasih makan cacing sutera. tambah juga debit air sampai 20 cm...jika kurang jelas kalian bisa sms di nomer 087874951989...graatis kok...karena dulu saya juga seperti temen2 semua...hehehe

dani hendriyanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Aryo Adhi Condro mengatakan...

thanks infonya

Fiihriz Rhiizz mengatakan...

gan, semua burayak dirumah ane pada ditaruh di mulut sang jantan...
itu burayaknya dimakan atau di diamkan didalam mulutnya gan...

Chandra Purnama mengatakan...

jika pejantan dan betina berbeda jenis apakah bisa dikawinkan ?

Ghaisani Eka Safitri mengatakan...

nice posting, ada sedikit referensi lagi ni http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/1531

Anonim mengatakan...

gan, kan pejantan boleh dikasih makan 3-5 hari setelah telur menetas, tapi gaboleh dikeluarin dari baskom tempat burayaknya itu. berarti pakan si jantan dimasukin ke tempatnya aja (tempat sijantan sama si burayak)? apa burayaknya ngga ikut kemakan? thanks gan

Anonim mengatakan...

gan, ente bilang "jantan bisa dikasih makan setelah dipisah dari burayak (3-5 hari setelah telur menetas)" lah kok baru 3-5 hari udah dipisah? katanya jantan baru boleh dipisah sama burayaknya setelah 2 minggu? thanks

Anonim mengatakan...

Gan burayak umur dua hari boleh nggak dikasih daun ketapang

RD BOBBY Luckyanto mengatakan...

halo gan salam kenal, ane lgi mulai ni thap pertma udah mulai keluarin busa ni... ane ikutin sesuai tahap2x demi tahap... tx infonya...

Anonim mengatakan...

ya

Anonim mengatakan...

gan kalo airnya kotor apa bisa di ganti?

MIFTAHBLOG-A16 mengatakan...

Oke lah...

zukma jaya mengatakan...

Bisa Bisa

alfin orchid mengatakan...

gan pnya sya yg prempuan prutx msh gde tpi kk udh d.hntam sma lkix

Anonim mengatakan...

Itu cewe'an nya di angkat pas hari ke brp?

Anonim mengatakan...

Jangan duluu

Anonim mengatakan...

min itu kasih makan anaknya brapa hari sekali

Anonim mengatakan...

Bg ada jual makanan burayaknya??
Ada jual bayi kutu air gabang??

dani mengatakan...

Kalo tempat ♌Ɣ‎​ª​​ lebih kecil gimana ?

Anonim mengatakan...

Mau nanya nih min ,
Misalnya burayak disatukan dengan burayak yg lebih besar ukuran nya & beda induk bisa gak ?

figo mengatakan...

Terima kasih

Terima kasih


Anonim mengatakan...

Sore mau nanya ni,,,saya sllu gagal ternak ikan cupang tidak sampai 1000 atau 500,,pas sudah besar2 cuma sampai di bwah 100 ekor doank, cara besarin anak ikan cupang sampai bnyak atau 1000 an gmn caranya di kasih mkan ap selain bayi kutu air,,,

Terima kasih

Vitoy

Anonim mengatakan...

knapa ikan cupang saya cuman kejar kejaran gak mau kawin

ridho alhadi mengatakan...

bagaimana cara membuat kutu air gan?

ridho alhadi mengatakan...

bagaimana cara membuat kutu air gan?

Reynata Kusuma mengatakan...

Thanks ya...

Anonim mengatakan...

Bisa gan tp hasil nya jelek

Dawn Asylum mengatakan...

mantep buat panduan,,saya copy artikelnya ya bos.

http://dawnasylum731.blogspot.com/

Yanto mengatakan...

Jual cyst artemia sebagai pakan alami burayak ikan. Artemia berukuran sangat kecil yi sekitar 400 mikron (0,4mm) berwarna orange kaya akan protein dan pigmen, sangat cocok untuk pakan burayak ikan yg bukaan mulutnya msh kecil. Untuk informasi dan pemesanan silahkan hub 0812 284 1280 atau PIN BB 2921197E

Anonim mengatakan...

Dikasih makan'na diTempat burayak'na..

Swabina GatraTravel mengatakan...

gan..... telur ikanku udh menetas dan burayak nya kecil kecil sedangkan kutu air agak besar apakah burayak nggak dimakan oleh kutu air?

http://indobettafish.com mengatakan...

salam cupang hias bro..

http://indobettafish.com

hari anto mengatakan...

Terimakasih artikelnya sangat membantu dan bermanfaat
INFO TOKO OBAT KUAT HERBAL & ALAT BANTU SEX PRIA WANITA
Syifa farma On Line
Call Center Hp : 0812 1355 3687
( SMS ) 24JAM : 0818 0770 1166
Pin BlackBerry: 266 702 F6
www.syifafarma.com/


***** PEMBESAR PENIS ALAMI PERMANEN *****

Cara Memperbesar Alat Vital
Alat Pembesar Penis
Obat Penyubur Sperma
Obat Pembesar Penis alami

***** PERANGSANG SPOTAN ALAMI *****

Obat Perangsang wanita Spontan
Perangsang spontan
Obat Pembesar Penis
Obat Perangsang Alami

***** OBAT KUAT HERBAL *****

obat kuat herbal
Obat Kuat Alami
Obat Kuat Tradisional
Obat Mengatasi Ejakulasi Dini
Obat Stamina Pria

***** ALAT BANTU SEX PRIA *****

Boneka Cantik Full Body
Alat Bantu Kesehatan Pria
Alat Bantu Pria
Alat Bantu sexualitas Pria
Alat Bantu Pria Dewasa
Alat Bantu Pria Vagina Pinggul

***** ALAT BANTU WANITA *****

Capsul Penggetar
alat kesehatan wanita
Alat Bantu Lidah Penggeli
Alat Bantu Getar
Vibrator Getar Mutar
Vibrator Maju Mundur
Vibrator Mutiara Cabang
Vibrator Ikat Pinggang

hafiz al fitri mengatakan...

Terima kasih om

Anonim mengatakan...

Bellum cukup umur

yelli nurlinda mengatakan...

mas kalau burayak dikasih makan pelet gimana

Fitra Rosadi mengatakan...

Gan saya baru mo coba ternak. Gmn bedain cupang jantan & betina.
Thx's infonya.

Anonim mengatakan...

I FOUND A CLASH OF CLANS GEMS GIVEAWAY! http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! I just tried that! (A3R449Ayeb)

Anonim mengatakan...

nice inpoh gan...

Anonim mengatakan...

microworm masih jual gak gan

Anonim mengatakan...

Vroh kalo makanan ikan cupang pelet bisa ngak

ishakidham mengatakan...

Sy dah brasil thanks atas info gang

benggo kurniawan mengatakan...

group tentang ikan cupang kita bisa sharing2 or berjual beli lwat group ini https://www.facebook.com/groups/1516269375262638/

Anonim mengatakan...

gan kalau buat oakan burayak dalam bentuk pelet, peletnya kayak gimana gan?



Trims

 
Raffi Fish © 2012 | Template By Thanoma Arlis